Rekomendasi Sabun Pencuci Muka Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

sabun muka untuk kulit berjerawat

Timbulnya jerawat dan komedo biasanya lebih rentan dialami oleh mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Kadar minyak pada kulit wajah yang berlebih membuat kotoran lebih mudah menempel. Diperlukan rekomendasi sabun pencuci muka yang tepat untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Perawatan dengan mencuci wajah menggunakan sabun pencuci muka secara rutin sangat penting untuk menjaga muka tetap bersih. Namun, tidak semua sabun muka cocok untuk semua jenis kulit.

Pilihlah sabun pencuci muka yang memang khusus direkomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak maka pilihlah yang berlabel oil free atau non-comedogenic.

Tips Dalam Memilih Sabun Muka Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Memilih sabun muka untuk kulit berminyak dan berjerawat tidak boleh asal-asalan. Pilihlah produk sabun muka disesuaikan dengan tingkat jerawat yang anda miliki.

Berikut tips yang perlu anda perhatikan dalam memilih sabun Pencuci muka atau facial wash untuk kulit berjerawat.

1. Pilihlah sabun muka berdasarkan jenis jerawat

Jerawat Ringan

Jerawat ini biasanya muncul karena kondisi hormonal pada tubuh (hormonal acne) seperti pada saat haid atau menstruasi bisa juga karena stress. Jika itu yang terjadi maka pilihlah sabun muka dengan kandungan salicylic acis (SA) atau asam salisilat.

Asam salisilat memiliki sifat exfoliating yang lembut akan mengangkat sel-sel kulit mati yang menutupi poripori kulit. Selain itu asam salisilat mampu mengurangi produksi sebum sehingga mencegah jerawat tumbuh semakin parah. Sifat anti inflamasinya juga membantu mengurangi efek kulit memerah akibat iritasi.

Jerawat Sedang

Jerawat ini biasanya timbul pada permukaan kulit dengan sedikit benjolan yang berwarna merah. Untuk mengatasi jerawat jenis ini pilihlah sabun pencuci muka yang memiliki kandungan benzoyl peroxide (BP).

Benzoyl peroksida memiliki sifat antibakteri. Ia akan bekerja menekan pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes yang selama ini dituding menjadi penyebab munculnya jerawat.

Jerawat Parah

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang memiliki level lebih parah, dikenal juga sebagai Jerawat kistik (cystic acne). Disebut demikian karena jerawat yang muncul disertai dengan adanya kista merah. Inilah yang membuat jerawat ini ukuranya lebih besar.

Dalam kondisi yang lebih parah akan didapati adanya nanah, sehingga jerawat ini lebih terlihat mirip seperti bisul. Jika anda mengalami jerawat jenis ini maka sangat disarankan untuk segera memeriksakanya ke dokter kulit.

Untuk perawatan wajah jika mengalami jerawat ini maka pilihlah sabun muka yang mengandung glycolic acid (GA). Asam glikolat akan membantu dalam mengeksfoliasi timbunan kulit mati dan menurunkan kadar sebum.

Namun demikian efek kandungan asam glikolat akan membuat kulit anda lebih sensitif terhadap sinar matahari. Sehingga sangat disarankan untuk mengaplikasikan tabir surya jika aktfitas anda lebih banyak berada di luar ruangan.

2. Pilihlah sabun muka berdasarkan kemudahan dalam pemakaianya

Memilih sabun dilihat dari kemudahan pemakaian dilihat dari bentuk fisik sabun tersebut. Secara umum bentuk sabun secara fisik ada tiga, bentuk padat atau batangan, cair (facial foam) dan serbuk (powder).

Sabun batangan secara fisik bentuknya sama seperti sabun mandi yang biasa kita pakai. Sabun ini memiliki tingkat pembersih yang kuat dan minim kandungan bahan aditif. Sabun ini lebih cocok untuk jelis kulit berminyak.

Sabun cair cocok dipakai untuk jenis kulit kering karena selain memiliki daya pembersih juga mangandung bahan-bahan pelembab. Namun saat ini juga sudah tersedia facial foam yang dikhususkan bagi pemilik kulit berminyak. Sesaat setelah dipakai sabun ini akan memberi kesan kesat pada kulit muka.

Sabun jenis serbuk atau powder termasuk jenis sabun yang jarang tersedia di pasaran. Namun akhir-akhir ini sabun ini juga sudah mulai tersedia dipasaran walaupun produksinya tidak sebanyak sabun batangan dan cair. Meskipun lebih ribet dalam memakainya karena butuh ditambahkan air, namun kita bisa mengatur seberapa banyak konsentrasi air atau serbuknya.

Rekomendasi Sabun Muka Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

1. Acne Creamy Wash

Brand Acnes sudah terkenal dengan produk-produk anti jerawatnya. Anda dapat memilih sabun ini karena memiliki kandungan Salicylic Acid yang efektif membasmi jerawat yang membandel sekalipun.

Sabun ini harganya relatif murah dan banyak tersedia di pasaran baik di toko-toko atau minimarket. Sabun ini memiliki busa yang melimpah saat diaplikasikan pada wajah sehingga memiliki kemampuan yang sempurna dalam membersihkan kulit wajah dari kotoran.

2. Garnier Pure Active Acne & Oil Clearing Foam

Bagi anda yang memiliki masalah jerawat dan memiliki jenis kulit berminyak produk dari Garnier ini bisa dijadikan solusi. Bukan hanya jerawat saja, masalah kulit kusam dan bruntusan juga bisa dicegah dengan sabun muka ini.

Sabun muka dari Garnier ini juga mudah ditemukan di pasaran dan harganya juga sangat terjangkau. Anda dapat dengan mudah membelinya di mini market terdekat.

3. Biore Baking Soda Acne Scrub

Produk dengan brand Biore sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesi. Anda yang merasa generasi 90 an pasti sudah familiar dengan produk ini yang dulu kerap kali berseliweran menghiasi iklan TV ataupun majalah.

Produk biore juga memiliki banyak seri dalam peranya membasmi jerawat. Hampir untuk semua jenis permasalahan kulit Biore punya produknya. Khusus untuk Biore baking Soda Acne Scrub memang diformulasikan untuk masalah jerwat membandel.

kandungan dalam sabun ini seperti disebutkan dalam label mengandung scrub alami dan juga Salicylic. Kombinasi keduanya mampu mengatasi jerawat dan mengclaim jerawat hilang hanya dalam waktu satu minggu.

sabun muka untuk kulit berjerawat
Previous Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *