Cara Menghilangkan Muka Bruntusan Dengan Bahan Alami Secara Cepat

cara mengatasi muka bruntusanMemiliki masalah dengan muka bruntusan? Di artikel kali ini akan dijelaskan beberapa cara menghilangkan muka bruntusan akibat jerawat secara cepat dengan bahan alami.

Risih sekali rasanya ketika muka bruntusan, apalagi besok harus menghadiri suatu acara. Bagi wanita memiliki wajah yang bersih dan tetawat sangatah penting untuk menunjang penampilan.

Namun permasalahan seputar wajah senantiasa menghantui para wanita. Masalah seperti flek hitam, muka kusam, berminyak, komedo, jerawat, dan muka bruntusan pasti senantiasa muncul.

Apa Sebenarnya Muka Bruntusan Itu?

Bruntusan merupakan salah satu masalah kulit wajah di mana pada wajah terdapat bintik-bintik kecil berwarna kemerahan di sekitar area muka. Mirip sekali dengan keringat buntet. Memiliki muka bruntusan bukan hanya membuat kita kurang percaya diri, namun saat kulit berkeringat akan menimbulkan rasa gatal.

Karena rasa gatal itu seringnya tanpa sadar kita akan menggaruk kulit. Hal itu justru akan membuat kulit lecet sehingga timbul rasa perih dan berpotensi mengalami iritasi atau bahkan luka yang dapat menimbulkan infeksi.

Cara Menghilangkan Bruntusan Dengan Bahan Alami

Bruntusan yang muncul pada kulit wajah kita dapat dipicu karena infeksi, alergi, perubahan cuaca, digigit serangga, polusi udara, penggunaan bahan kimia pada kulit, atau efek samping dari penggunaan obat tertentu.

Namun demikian wajah bruntusan sebetulnya lebih banyak disebabkan karena faktor kebersihan. Tidak ada cara yang lebih efektif selain menjaga kebersihan kulit wajah kita secara benar dan rutin.

Tetapi jika wajah kita sudah mengalami bruntusan, maka harus ada tindakan serius agar bruntusan dapat segera disembuhkan dan kulit wajah kita dapat kembali bersih dan glowing.

Berikut ini beberapa tips atau cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam secara alami yang bisa anda coba lakukan sendiri di rumah.

1. Minyak zaitun dan madu

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang sudah sejak lama digunakan sebagai perawatan kulit. Minyak zaitun terbukti ampuh digunakan untuk melembapkan kulit. Selain itu, minyak zaitu memiliki kandungan vitamin E yang dapat berguna sebagai antioksidan.

Berikut akan dijelaskan cara menghilangkan bruntusan dengan minyak zaitun dan madu. Pertarma-tama campurkan minyak zaitun dan madu dengan takaran secukupnya. Kemudian oleskan campuran tersebut ke bagian kulit wajah beruntusan secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Lakukan cara ini secara rutin setidaknya pada malam hari sebelum tidur agar mendapatkan hasil yang optimal.

2. Lemon dan putih telur

Cara menghilangkan bruntusan dengan lemon juga bisa anda lakukan sebagai alternatif pengobatan alami. Lemon merupakan buah yang kaya akan akan kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai bahan antiseptik alami dan anti-inflamasi.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, lemon memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga jika kulit anda berjenis kulit sensitif maka cara ini kurang cocok.

Cara menggunakan lemon untuk mengatasi wajah bruntusan yaitu dengan mencampurkannya terlebih dahulu dengan putih telur. Oleskan secara merata pada kulit wajah. Biarkan saja hingga mengering, kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan air bersih.

3. Lidah buaya

Cara menghilangkan bruntusan dengan lidah buaya juga patut anda coba. Lidah buaya atau aloe vera telah banyak digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Kandungan hormon giberelin dan polisakarida berfungsi sebagai antibakteri. Zat ini juga dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, kotoran dan kelebihan minyak yang selama ini merupakan pemicu munculnya jerawat atau bruntusan pada kulit.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan muka bruntusan yaitu pertama tama ambil lidah buaya yang masih segar lalu bersihkan. Kupas kulit daunnya dan ambil gel nya. Oleskan merata pada kulit wajah yang terkena bruntusan. Diamkan hingga beberapa saat sampai mengering kemudian bersihkan dengan air hingga bersih. Lakukan rutin secara rutin setiap hari.

4. Tomat

Cara menghilangkan bruntusan dengan tomat bisa anda lakukan dengan mudah. Buah tomat kaya akan kandungan vitamin A, C dan asam folat. Buah tomat juga memiliki kandungan nutrisi lainĀ  seperti Beta Karoten, Likopen, Asam Glorogenik dan Naringenin.

Dengan nutrisi yang dikandungnya, tomat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk menghilangkan bruntusan dengan tomat caranya cukup mudah. Yang perlu anda lakukan cukup dengan memotong tomat menjadi dua bagian, lalu oleskan secara merata pada wajah. Lakukan pijatan-pijatan kecil pada wajah lalu biarkan sampai mengering. Bilas dengan air hangat hingga bersih.

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bruntusan di wajah adalah dengan menjadikan tomat sebagai masker. Caranya cukup dengan menghaluskan buah tomat dan aplikasikan pada seluruh wajah. Biarkan selama lebih kurang 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat.

5.Cuka apel

Cuka apel diperoleh dari hasil fermentasi sari buah apel. Sebetulnya belum ada studi dan kajian yang pasti terkait cuka apel sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat dan muka bruntusan.

Cuka apel dapat membantu menjaga kesehatan kulit karena kandungan asamnya mampu menjaga pH kulit, sebagai antibakteri dan mencegah pelepuhan kulit. Cuka apel memiliki banyak kandungan vitamin seperti Vitamin A, B1, B2, B6, C dan E. Selain itu juga mengandung nutrisi penting seperti kalsium, natrium, kalium, fosfor, klorida, bioflavonoid, magnesium, pektin dan tembaga.

Khusus bagi anda pemilik kulit sensitif anda harus berhati-hati dalam menggunakanya. Kandungan asamnya bisa saja mengiritasi kulit. Jadi sebelum menggunakannya sebaiknya lakukan tester dengan menepuk-nepukan cuka apel pada kulit bagian belakang telinga anda dan biarkan selama 15 menit.

Untuk cara menghilangkan bruntusan dengan cuka apel sebaiknya campurkan terlebih dahulu cuka apel dengan air dengan perbandingan 4 bagian air : 1 bagian cuka apel. Jika kulit anda masih sensitif naikkan perbandingan airnya misalnya 5 bagian air : 1 bagian cuka apel. Oleskan campuran tadi ke kulit wajah yang bruntusan dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Setelah itu oleskan pelembab. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu.

6. Es batu

Ternyata es batu bisa digunakan untuk menghilangkan muka bruntusan. Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan es batu dapat anda lakukan dengan mudah. Namun pastikan jika air yang digunakan untuk membuat es batu adalah air yang bersih dan steril.

Sebelum melakukanya, bersihkan terlebih dahulu muka anda. Anda dapat menggunakan es batu secara langsung dengan menempelkan dan mengoleskan secara perlahan pada kulit wajah anda. Namun jika kulit wajah anda sensitih anda dapat membungkus es batu dengan menggunakan tissue atau kain yang tipis. Diamkan selama lima menit.

Jika mau sedikit lebih ribet, anda dapat menambahkan bahan eessential oil seperti minyak lavender, tea tree oil, lemon atau peppermint ke dalam air yang akan dibekukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *