Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami dan Tradisional

cara menghilangkan flek hitam secara alami

Mempelajari bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan tradisional merupakan langkah terbaik yang semestinya dilakukan.

Selain menggunakan bahan bahan-bahan herbal yang mudah didapat, menghilangkan flek hitam dengan cara alami merupakan cara yang aman dan tanpa efek samping. Penggunaan obat dengan kandungan bahan-bahan kimia yang tidak tepat dapat menimbulkan efek samping yang akan berakibat fatal pada kulit.

Flek hitam merupakan salah satu permasalahan kulit yang sering dialami oleh kaum wanita. Khususnya pada wajah, bagian tubuh ini yang paling rentan mengalami flek hitam.

Faktor Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Pemicu utama munculnya flek hitam biasanya karena kulit yang terkena paparan sinar ultraviolet (UVA maupun UVB) dari matahari. Efek dari radiasi sinar Ultra Violet (UV) ini akan menyebabkan peningkatan produksi sel melanosit.

Sel melanosit ini menghasilkan pigmen melanin yaitu suatu pigmen pada kulit yang berfungsi sebagai pengatur warna kulit. Jika semakin banyak pigmen ini dihasilkan, maka warna kulit akan semakin gelap.

Faktor lain yang dapat memicu munculnya flek hitam antara lain; ketidakseimbangan hormonal, faktor usia, stress, kurang tidur. Selain itu, efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan obat atau kosmetik yang memiliki kandungan yang tidak cocok pada kulit juga dapat memicu timbulnya flek hitam.

Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Ada cara yang aman untuk menghilangkan flek hitam pada wajah yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Bahan-bahan tersebut antara lain:

1. Madu

Madu merupakan bahan alami yang khasiatnya tidak perlu diragukan lagi. Untuk menghilangkan flek hitam dengan madu, maka anda dapat memanfaatkannya sebagai masker wajah.

Caranya cukup dengan mengoleskan madu pada wajah anda dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Jika dilakukan secara rutin maka wajah anda akan terlihat bersih dan bebas dari noda atau flek hitam.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe Vera merupakan salah satu bahan dasar alami yang kerap digunakan di dunia kecantikan. Khasilatnya untuk kecantikan kulit sudah tidak diragukan lagi. Lidah buaya dapat menghaluskan sekaligus melembabkan kulit. Tanaman ini juga mampu menangkal radikal bebas karena memiliki kandungan antioksidan.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangka flek hitam cukup mudah. Siapkan batang lidah buaya yang sudah dibersihkan kemudian belah batangnya. Ambil isinya dan oleskan ke bagian wajah dimana terdapat flek hitam. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

3. Jeruk

Buah ini kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Jika digunakan secara rutin efeknya dapat mencerahkan kulit, melawan efek penuaan serta mampu menyembuhkan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan menghilangkan noda atau flek hitam pada wajah.

Anda dapat menggunakan jeruk nipis atau jeruk lemon. Cara menggunakanya cukup peras jeruk nipis atau jika menggunakan lemon buatlah jus terlebih dahulu. Ambil airnya dengan menggunakan kapas. Oleskan ke bagian wajah yang memiliki flek hitam. Bilas dengan air hingga bersih.

Namun perlu diingat karena jeruk bersifat asam, maka bagi anda yang memiliki kulit sensitif anda bisa menambahkan sedikit air untuk mengurangi kadar asamnya.

4. Kunyit

Selama ini kita mengenal kunyit hanya sebagai bahan rempah, bumbu masak atau bahan pembuatan jamu. Tapi selain dari itu kunyit ternyata mampu mengusir jerawat, mengangkat sel kulit mati, anti inflamasi sekaligus anti bakteri.

Jika anda tidak mau repot anda dapat membeli kunyit yang sudah dihaluskan dalam bentuk bubuk. Cara pakainya cukup dengan mencampurkan dua sendok teh kunyit dengan susu dan perasan air jeruk. Jangan terlalu encer karena nanti akan kita gunakan sebagai masker.

Setelah tercampur maka oleskan pada wajah dan biarkan sekitar 20 menit atau hingga kering. Setelah itu bilaslah dengan air hangat hingga bersih.

5. Pepaya

Buah pepaya juga dapat d imanfaatkan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Buah pepaya memiliki kandungan yang berfungsi untuk mencerahkan dan melembabkan kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati.

Caranya sederhana. Cukup kupas buah pepaya yang sudah masak, haluskan hingga menjadi bubur. Oleskan bubur pepaya tadi pada wajah secara merata dan biarkan sekitar 20 menit. Setelah itu bilaslah dengan air hingga bersih. Lakukan setiap hari agar mendapatkan hasil yang optimal.

Itulah tadi cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan tradisional. Silahkan praktekan cara ini agar noda hitam di wajah segera hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *