11 Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit Yang Perlu Anda Lakukan

cara mencegah penuaan dini pada kulit

Berbagai cara mencegah penuaan dini pada kulit atau aging skin senantiasa dicoba demi menjaga penampilan tetap awet muda meski usia sudah senja.

Tumbuh tua adalah salah satu hal yang pasti dan tidak dapat dihindari, sebuah kodrat yang akan terjadi pada semua orang.

Seiring dengan bertambahnya umur, jaringan kulit yang mengandung kolagen dan elastin akan melemah. Hal tersebut akan mengurangi elastisitas kulit sehingga memunculkan tanda-tanda penuaan, seperti kulit yang mulai berkeriput.

Apa itu penuaan dini pada kulit?

Kondisi penuaan dini ternyata tidak hanya terjadi pada orang tua saja. Orang dengan usia muda juga bisa mengalami penuaan dini. Anda disebut mengalami penuaan dini ketika anda melihat diri anda lebih tua dari usia anda yang seharusnya.

Penuaan dini pada kulit ditandai dengan munculnya kerutan dan bercak pada kulit. Kulit yang terlihat kendor terjadi karena hilangnya jaringan subkutan atau jaringan penyokong di bawah kulit. Bagi orang yang telah lanjut usia, hal tersebut sangat wajar terjadi. namun bagaimana jika yang mengalami adalah orang yang usianya masih muda.

Apa saja penyebab penuaan dini pada kulit?

Proses terjadinya penuaan dini pada kulit dapat dipicu karena berbagai macam faktor, diantaranya adalah keturunan, gaya hidup yang tidak sehat, kurang istirahat dan kurangnya asupan nutrisi.

Penyebab lain penuaan dini pada kulit juga bisa disebabkan karena faktor eksternal yaitu karena paparan sinar matahari, polusi, serta efek samping penggunaaan obat.

Faktor lain yang bisa saja memicu terjadinya penuaan kulit antara lain karena stres, obesitas, pergerakan wajah, posisi tidur, efek radiasi bahkan pengaruh grafitasi.

Bagaimana cara mencegah penuaan dini pada kulit?

Penuaan adalah bagian dari proses alami tubuh yang pasti akan terjadi, tetapi tidak dengan penuaan dini. Penuaan dini dapat dihindari dengan menerapkan pola hidup sehat.

Berikut adalah cara mencegah penuaan dini pada kulit yang dapat anda lakukan.

1. Minum banyak air

Ketika anda beranjak tua, kulit anda akan menjadi kering. Anda akan mulai menyadari bahwa kulit anda semakin sedikit menghasilkan minyak.

Untuk mengatasi masalah ini, Hindari tubuh anda dari dehidrasi dengan cara minum banyak air. Dianjurkan minimal 4 liter atau 8 gelas dalam satu hari. Selain dapat menjaga kelembaban kulit, asupan air yang cukup dapat membantu anda menyingkirkan racun dari dalam tubuh.

2. Istirahat yang cukup dan berkualitas

Ketika kulit mulai mengalami penuaan, kurangnya jam tidur dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata anda. Jadi, jangan pernah melewatkan waktu tidur anda. Istirahatlah yang cukup setidaknya 8 jam sehari.

3. Menggunakan krim malam

Ketika kita masih muda, kita mungkin tidak menyadari tentang manfaat menggunakan krim malam pada kulit kita. Tapi, ketika umur semakin beranjak, untuk menjaga elastisitas dan kelembaban kulit, menggunakan krim malam setiap hari adalah suatu keharusan.

4. Oleskan pelembab pada kulit

Kulit yang kering itu berarti akan lebih banyak keriput yang muncul. Bagaimana cara mengatasi kulit keriput? Gunakan pelembab pada kulit anda setiap anda selesai mandi untuk mencegah efek penuaan dini.

5. Jaga agar kulit tetap bersih

Make-up adalah hal yang sangat penting untuk menjaga penampilan anda, terutama untuk menutupi noda. Namun perlu diingat, sebelum anda pergi tidur di malam hari, anda harus membersihkan make up yang masih menempel pada kulit anda. Zat kimia dalam kosmetik yang tertinggal pada pori-pori kuit dapat mempercepat terbentuknya penuaan dini.

6. Memilih produk alami

Semakin sering anda menggunakan bahan alami pada kulit anda, kulit yang lebih sehat akan anda dapatkan. Menggunakan produk anti penuaan dini dengan kandungan bahan alami seperti kunyit, susu dan lidah buaya dapat membuat kulit anda sehat dan tentu saja lebih minim efek samping.

7. Makanan yang kaya anti oksidan

Nutrisi yang Anda peroleh dari asupan makanan juga memiliki peran yang cukup besar dalam memperlambat penuaan kulit. Mengkonsumsi lebih banyak makanan anti-oksidan seperti buah-buahan, brokoli dan paprika. Mereka dapat membantu untuk membangun kolagen di bawah kulit Anda.

8. Hindari kebiasaan buruk

Merokok, minum alkohol dan mengkonsumsi banyak kafein dapat mempercepat proses penuaan dini. Oleh karena itu, tidak ada upaya lain untuk menerapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang untuk menjaga tubuh anda agar senantiasa muda dan segar.

9. Detoksifikasi tubuh

Lakukan detox pada tubuh anda dengan mencampur segelas air dengan lemon dan madu. Minuman ini dapat menarik keluar racun dari dalam tubuh anda dan pada saat yang sama, hal tersebut akan membuat kulit anda terlihat lebih cerah.

10. Rajin berolahraga

Jika Anda malas untuk berolahraga secara rutin, cobalah untuk melakukannya setidaknya seminggu sekali. Tidak harus selalu pergi ke gym. Jogging di pagi hari pada akhir pekan adalah pilihan yang tepat.

11. Lindungi kulit dari sinar UV

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak jaringan kulit anda yang elastis. Akibatnya, kulit akan lebih cepat keriput. Terkena paparan sinar matahari yang terlalu intens juga dapat memicu bintik hitam pada wajah.

Untuk menghindari bahaya sinar matahari, anda dapat menggunakan tabir surya dengan kadar SPF minimum 15 setiap kali anda akan melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini sangat dianjurkan untuk menggunakannya pada jam 11 siang hingga menjelang sore pada jam 15 baik dalam cuaca panas atau berawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *