Begini Cara Baca Hasil Test Pack Dua Garis Samar Atau Berjauhan

cara baca hasil test pack garis samar

Cara membaca hasil test pack dua garis samar maupun berjauhan pastilah membingungkan, apalagi bagi anda yang baru mengalami kehamilan pertama.

Bagi anda yang merasa sudah terlambat menstruasi, maka langkah awal untuk memastikan anda hamil atau tidak yaitu dengan melakukan test secara mandiri menggunakan test pack di rumah. Namun sebelum melakukan test, sangat penting untuk terlebih dahulu dibaca dengan hati-hati dengan mengikuti petunjuk yang tertera.

Aturanya adalah jika hasil yang muncul satu garis berarti anda negatif, dua garis berarti anda positif hamil. Lalu bagaimana cara baca hasil test pack jika hasil yang muncul ternyata dua garis samar bahkan samar banget?

Cara Membaca Test Pack Dua Garis Samar atau Berjauhan

Pada dasarnya test pack bekerja dengan cara mendeteksi adanya kandungan hormon HCG atau Human Chorionic Gonadotropin Hormone pada urin. Jika memang ternyata di dalam urin mengandung hormon HCG maka hasilnya akan muncul dua garis strip pada test pack dan anda positif hamil.

membaca hasil test pack samar

Ada kalanya ternyata hasil yang muncul adalah dua garis samar atau berjauhan. Apakah itu pertanda anda positif hamil atau malah justru negatif?

Kemungkinan hasil test pack dua garis samar tetap ada dua. Dua garis samar bisa berarti anda positif hamil dan dua garis samar berarti anda negatif alias tidak hamil.

1. Garis samar pada test pack menunjukan positif hamil

Hasil test pack dua garis samar tetap membuktikan bahwa anda memang positif hamil. Garis samar yang muncul bisa jadi karena kadar hormon HCG yang terkandung dalam urine masih sedikit.

Seiring bertambahnya usia kehamilan maka kadar hormon inipun akan meningkat. Jadi yang perlu diingat bahwa semakin banyak kadar HCG maka garis strip yang ditunjukan oleh test pack akan semakin jelas.

2. Garis samar pada test pack yang berarti anda tidak hamil

Garis samar yang ditunjukan pada test pack bisa juga diartikan anda negatif atau tidak hamil. Tapi mengapa pada garis test pack tetap memunculkan dua garis meskipun samar?

Sekali lagi jangan salah mengartikan. Garis yang muncul pada test pack bukanlah garis positif yang sebenarnya tetapi melainkan hanya sebuah garis penguapan atau evaporasi.

Lalu bagaimana membedakan jika dua garis samar yang muncul adalah garis yang menunjukan positif hamil dengan garis evaporasi?

Sulit memang untuk membedakan garis samar tersebut. Tetapi ada perbedaan utama yang mendasar dari keduanya. Perbedaan tersebut adalah pada garis evaporasi yang sebenarnya, baru akan muncul selang beberapa menit sesaat setelah waktu yang ditentukan untuk membaca hasil tes.

Menentukan garis samar pada test pack positif atau negatif juga bisa didasarkan pada rentang waktu yang ditunjukan pada kemasan test pack. Rentang waktu tersebut menunjukan lama reaksi kimia yang berlangsung saat test pack dimasukan kedalam cairan urine.

Jika hasil yang muncul dalam rentang waktu seperti yang tertulis pada kemasan dan terlihat hasil positif yang samar, maka sangat besar kemungkinan hasilnya dinyatakan positif hamil. Namun, jika hasil yang muncul melewati atau melebihi dari batas waktu yang telah ditentukan, maka garis samar yang muncul bisa jadi hanyalah garis evaporasi yang berarti negatif.

Jika anda masih merasa bingung, ulangi melakukan test menggunakan test pack dengan jeda waktu 3 sampai 6 hari. Hal ini bermaksud untuk memberikan waktu kepada tubuh untuk lebih banyak memproduksi hormon HCG, sehingga jika anda memang hamil maka hasil dari garis test pack yang ditunjukan juga akan lebih jelas.

Untuk lebih memastikan keakuratan kehamilan disarankan anda pergi ke dokter kandungan untuk pengecekan lebih lanjut. Karena hasil test pack yang menunjukan dua garis dengan jelas sekalipun bisa saja merupakan positif yang samar. Artinya secara test kimiawi anda memang hamil, namun secara real nya belum tentu.

Pada beberapa kasus bisa saja anda hamil dan sudah terjadi pembuahan namun keguguran atau hal tersebut terjadi ketika hamil kosong. Pada kasus ini rahim memang telah terbentuk akibat proses pembuahan antara sel telur dan sel sperma. Inilah yang akan merangsang terbentuknya hormon HCG.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara baca hasil test pack dua garis samar atau berjauhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *