9 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan


Mencari cara mengecilkan perut setelah melahirkan merupakan perjuangan berikutnya yang harus para ibu lakukan demi mengembalikan kejayaan bentuk tubuh idealnya.

Sudah menjadi rahasia umum jika wanita merasa lebih sempurna dengan bentuk tubuh yang ideal, ramping nan menawan bagaikan gitar spanyol. Namun tidak dapat dipungkiri jika pasca melahirkan bentuk tubuh wanita, khususnya perut dirasa masih saja gendut.

Tak perlu risau, berikut ini ada beberapa tips dan cara yang dapat anda lakukan untuk dapat mengecilkan perut dan mengembalikan bentuk tubuh ideal pasca melahirkan.

1. Menyusui

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan ternyata bisa dilakukan sembari menyusui bayi anda. Apa alasannya? Begini penjelasanya. Dikutip dari laman Kompas, ternyata ketika seorang wanita menyusui, hal itu setara dengan membakar sekitar 500 kalori per hari.

Dari hasil penelitian menerangkan jika dalam setiap satu ons air susu yang dihasilkan, mampu membakar sekitar 20 kalori. Ini berarti jika bayi rata-rata dapat menghisap 19-30 ons air susu per hari, maka sama halnya dengan membakar 380-600 kalori per hari.

Jadi menyusui bukan sekedar kegiatan memberi nutrisi kepada sang bayi, tetapi ternyata efektif membantu para ibu untuk mengembalikan bentuk tubuh idealnya kembali. Selain itu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan menyusui, salah satunya dapat terhindar dari resiko terkena kanker payudara.

2. Pijat pasca melahirkan

Melakukan pijat pasca melahirkan sangat baik dalam membantu pemulihan tubuh. Selain dapat mengurangi sakit pada otot tubuh, pijat dapat membantu mengurangi lemak dan selulit.

Biasanya pemijatan akan dipusatkan di daerah perut (abdomen) yang dapat membantu mengeluarkan angin dari tubuh dan menstimulasi jaringan lapisan bawah kulit.

Pemijatan yang dilakukan dengan menggunakan rempah-rempah alami, minyak atau krim selulit dapat mudah diserap oleh kulit dan bisa membantu untuk membakar lemak sekaligus mengencangkan kulit.

3. Menggendong bayi

Menggendong bayi bukan saja bertujuan untuk menenangkan bayi saat bayi rewel atau meninabobokan bayi agar lekas tertidur. Menggendong bayi bisa diartikan seperti membawa beban . Jika berat bayi anda 3 kg hingga ketika semakin bertambah usia semakin bertambah pula beratnya. Maka itulah berat beban yang harus anda bawa saat menggendong bayi.

Jika anda mau sedikit berkreasi, sembari menggendong bayi dapat anda lakukan sambil berolahraga. Anda bisa melakukan gerakan squat (gerakan yang dilakukan secara berulang dari posisi berdiri ke posisi setengah duduk lalu kembali ke posisi berdiri). Manfaat yang didapat adalah metabolisme tubuh akan meningkat sekaligus melatih otot tubuh bagian bawah.

4. Membawa bayi keluar rumah

Jika anda merasa jenuh karena sering berada di dalam rumah, berjalan-jalanlah keluar rumah. Anda dapat membawa serta bayi anda, menggendongnya sembari berjalan-jalan dipagi hari.

Tidak usah terlalu jauh, masih disekitaran rumah saja. Manfaat yang anda peroleh selain berolah raga pagi, anda dan bayi akan merasa lebih fresh sekaligus mendapat manfaat dari paparan sinar matahari pagi.

Jika anda melakukanya secara rutin setiap hari, hal ini cukup efektif untuk mengikis lemak yang ada diperut. Tubuh akan terasa lebih enteng dan bugar.

5. Diet seimbang

Diet seimbang merupakan upaya untuk menjaga asupan makanan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Pilihlah bahan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein dan lemak tak jenuh. Perbanyak makan sayur, buah-buahan, biji-bijian dan makanan yang kaya akan kandungan serat.

Hindari mengkonsumsi makanan jungk food atau makanan cepat saji. Hindari pula melakukan diet secara ekstreem hanya demi mengejar berat badan ideal pasca melahirkan. Diet yang ekstreem akan membuat anda merasa kelaparan, mudah lelah bahkan berujung stres. Jika itu yang terjadi, bukan anda saja yang akan rugi namun bayi anda akan terkena dampaknya.

Asupan nutrisi yang kurang akan membuat anda mengalami malnutrisi atau kurang gizi. Hal itu tentu saja akan berpengaruh kepada kualitas ASI yang dihasilkan.

6. Banyak minum air putih

Air sangat penting artinya bagi tubuh, selain sebagai penyedia kebutuhan cairan dalam tubuh, air juga berfungsi sebagai alat yang akan mengangkut oksigen serta nutrisi lainya.

Air dipercaya dapat membantu menurunkan kadar lemak yang ada di perut pasca melahirkan. Mekanisme pembuangan lemak tersebut akan berjalan melalui proses metabolisme.

7. Konsumsi teh hijau

Menurut sebuah riset, para ahli menyimpulkan jika teh hijau sangat efektif dan berperan dalam menurunkan kadar lemak. Teh hijau memiliki peranan dalam meningkatkan proses metabolisme.

Selain itu, yang terpentingeh adalah teh hijau memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Teh hijau juga kaya akan zat-zat yang penting bagi tubuh seperti asam amino, enzim polifenol, folat, vitamin B, mangan, kafein, mgnesium dan potasium.

8. Senam kegel

Senam kegel merupakan suatu latihan untuk membuat otot panggul bagian bawah menjadi kencang. Bagi ibu-ibu yang baru saja melahirkan, senam kegel dapat membantu mempercepat pemulihan organ vagina setelah mengalami epistomi atau jahitan pada vagina saat melahirkan. Selain itu adanya latihan kontraksi otot saat melakukan latihan ini dapat membantu menurunkan lemak di perut.

9. Menggunakan korset

Mungkin ini adalah cara tradisional yang kerap kali dilakukan oleh ibu-ibu pasca melahirkan dari jaman dahulu hingga sekarang. Namun demikian, cara ini ternyata cukup efektif untuk mengencangkan otot-otot perut sehingga dapat mengembalikan postur tubuh ke bentuk awal sebelum hamil. Hal ini terjadi karena korset membantu mendorong rahim kembali kepada ukuran semula.

Namun demikian penggunaaan korset juga memiliki efek samping seperti iritasi kulit, sulit bernafas hingga gangguan pencernaan. Sebagai solusinya kini hadir produk Body slimming Undergarment merupakan pakaian pelangsing yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Body Slimming Undergarment bukan pakaian pelangsing biasa, pakaian ini mengandung ion negatif dengan bahan serat antibakteri yang dapat menghilangkan bau badan. Pakaian ini juga dilengkapi dengan gelombang magnet dan sinar infra merah jauh.

Gelombang magnet dan sinar infra merah yang dipancarkan akan menimbulkan panas yang bermanfaat untuk membakar timbunan lemak di perut, melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan system metabolisme tubuh.

Untuk info dan pemesanan, dapat menghubungi atau kunjungi link berikut bit.ly/linksehat.

Belum ada Komentar untuk "9 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel